Minggu, 08 Mei 2016

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan.- Penyakit radang tenggorokan biasa ditandai dengan gejala seperti tenggorokan kering, bengkak dan sakit sehingga membuat anda merasa tidak nyaman. Radang tenggorokan atau disebut juga pharyngtis, paling sering disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek atau flu. Pada banyak kasus, radang tenggorokan adalah tanda awal anda akan sakit. Penyakit yang paling setia menemani radang tenggorokan adalah panas dalam dan batuk.

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Radang Tenggorokan dibagi menjadi dua golongan besar yaitu penyebab infeksi (virus dan bakteri) dan penyebab non infeksi (alergi, iritan, GERD, tumor) Dari sekian banyak penyebab, Penyebab Radang Tenggorokan yang paling sering adalah infeksi virus, virus yang juga menyebabkan common cold (pilek) dan Influenza (flu). 

Penyebab Radang tenggorokan: Infeksi 
  • Infeksi virus 
Virus yang menyebabkan radang tenggorokan meliputi:
  1. Common cold Flu (influenza) 
  2. Mononucleosis (mono) 
  3. Virus Campak 
  4. Virus Cacar air 
  5. Virus Croup – menyebabkan penyakit pada anak yang ditandai dengan batuk keras dan menggonggong 
  • Infeksi bakteri 
Infeksi bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan meliputi: 
  1. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes, atau group A streptococcus.
  2. Batuk rejan, infeksi saluran pernafasan yang sangat menular 
  3. Difteri, penyakit pernapasan serius yang jarang terjadi di negara-negara industri, tetapi lebih sering terjadi di negara berkembang.

Penyebab Radang Tenggorokan: non-infeksi.
  1. Alergi. Alergi terhadap bulu kucing dan hewan lainnya, jamur, debu dan serbuk sari dapat menyebabkan radang tenggorokan. 
  2. Kekeringan. Kekeringan yang dimaksud disini yaitu kering pada tenggorokan, biasanya karena suhu udara yang panas dan kurang minum. Sering bernapas melalui mulut – karena hidung tersumbat – juga dapat menyebabkan kering pada tenggorokan dan berlanjut menjadi radang tenggorokan. 
  3. Iritasi. Penyebab radang tenggorokan yang satu ini banyak saya jumpai, bahkan pernah juga saya mengalaminya. Iritasi pada tenggorokan banyak penyebab nya terutama akibat makanan diantaranya goreng-gorengan, keripik, makanan pedas, ciki-ciki (terutama pada anak) minuman alkohol. selain makanan juga bisa akibat dari polusi udara, dan asap rokok. 
  4. Gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD adalah gangguan sistem pencernaan di mana asam lambung atau isi lainnya dari lambung kembali ke atas (reflux) yakni ke esofagus. Karena isi lambung tersebut asam yang bersifat mengiritasi jaringan maka bisa menyebabkan radang tenggorokan. Tanda-tanda atau gejala lain mungkin muncul diantaranya perut mulas, suara serak, regurgitasi isi perut (muntah) dan sensasi benjolan di tenggorokan. 
  5. Infeksi HIV. Radang tenggorokan dan gejala seperti flu terkadan muncul pada awal-awal setelah seseorang terinfeksi virus HIV. Selain itu, orang dengan HIV-positif bisa juga mengalami radang tenggorokan kronis atau berulang karena infeksi sekunder. Masalah kesehatan lainnya yang sering dialami antara lain : infeksi jamur yang disebut oral trush dan infeksi sitomegalovirus. 
  6. Tumor. Penyebab Radang Tenggorokan yang satu ini termasuk jarang, tumor atau kanker pada tenggorokan, lidah atau pita suara (laring) dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Tanda-tanda atau gejala lain mungkin termasuk suara serak, kesulitan menelan, bernapas berisik, benjolan di leher, dan darah dalam air liur atau dahak ketika batuk.

Itulah penyebab mengenai penyebab penyakit radang tenggorokan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda, Untuk anda yang ingin mengobati penyakit radang tenggorokan, anda bisa hubungi kami SATELIT HERBAL di 0812.2442.9800 Atau Pin BB 2B489FF8. Atau kunjungi juga website kami => OBAT RADANG TENGGOROKAN

BACA JUGA ARTIKEL : OBAT AMBEIEN TRADISIONAL

Share:

0 komentar:

Poskan Komentar